qur'an


Selamat Membaca Semoga Bermanfaat

Membuat Koneksi Mikrotik Winbox menggunakan QEMU di GNS3 virtual

Assalamu'alaikum WR. WB.        

         Gns3 merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk membuat simulator jaringan sebelum membuat yang sungguhan, GNS3 juga di gunakan untuk mendesain topologi jaringan sehingga sangat cocok untuk aplikasi engineer networking, GNS3 juga bisa meghubungkan antar vendor jaringan misalnya cisco, mikrotik serta juniper semuanya bisa di gunakan secara bersamaan yang biasa di sebut multi vendor oke berikut ini kita akan mengkonfigurasi mikrotik dengan winbox seolah – olah seperti sebuah perangkat sungguhan yang bisa di konfigurasi sesuka anda, pada tutorial ini kita buat Router MikroTik dengan menggunakan QEMU dengan segala keunggulan yang di milikinya. Berikut ini konfigurasinya:


-                kalau sobat ada yang belum punya GNS3 disini.
-                jangan lupa mikrotik OS yang akan di gunakan untuk  konfigurasi mikrotiknya. Kalau ada yang belum punya di sini,

1.       Install GNS3 kemudian pindah Iso MikroTik kedalam Folder GNS3 karena ada 2 versi pada QEMU-nya maka tinggal pilih aja: untuk Qemu yang lama masukkan ke folder  "C:\Program Files\GNS3\qemu-0.13.0" atau apabila menggunakan Qemu yang terbaru masukkan ke folder "C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0" nantinya kita akan buat image file:

-          sekarang kita masuk folder GNS3 menggunakan CMD !!! Pilih salah satu menggunakan metode QEMU lama atau QEMU baru, untuk Membuat file MikroTik.img:
         A. Masuk CMD pada QEMU lama pada folder: 
C:\Users\admin>cd C:\Program Files\GNS3\qemu-0.13.0
- hasil: 
c:\Program Files\GNS3\qemu-0.13.0

        B. Masuk CMD pada QEMU baru pada folder:
C:\Users\admin>cd C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0
- hasil:
c:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0>

-            selanjutnya jalakan perintah untuk membuat image-nya bernama mikrotik.img, !!! Pilih salah satu menggunakan metode QEMU lama atau QEMU baru:
          A. Membuat Image pada QEMU lama:
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.13.0>qemu-img.exe create –f qcow2 mikrotik.img 128M
          B. Membuat Image pada QEMU baru:
          
C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0>qemu-img.exe create –f qcow2 mikrotik.img 128M

-           setelah di enter maka script berjalan dan memformat  mikrotik.img yang di gunakan untuk penyimpanan Packet layaknya sebuah PC! Seperti tulisan di bawah ini scriptnya!
Formatting ‘mikrotik.img’, fmt=qcow2 size=268435456 encryption=off cluster_size=0
-            pada tahap ini kita akan mengintall file  mikrotik.iso ke dalam file mikrotik.img, !!! Pilih salah satu menggunakan metode QEMU lama atau QEMU baru:
          A. Instalasi Image pada QEMU lama:
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.13.0> qemu.exe mikrotik.img –boot d –cdrom “mikrotik-5.26.iso” 
          B. Instalasi Image pada QEMU baru:
C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0> qemu-system-i386w.exe mikrotik.img –boot d –cdrom “mikrotik-5.26.iso”
 -         proses instalasi berjalan ikuti aja langkah - Langkah Insatalasinya dan tunggu sampai prosesnya selesai....

- apabila install sudah selesai langsung ENTER"REBOOT" kemudian close Program qemu.

- setelah itu ketikkan script untuk membuka mikrotiknya, !!! Pilih salah satu menggunakan metode QEMU lama atau QEMU baru:
          A. Membuka Image pada QEMU lama:
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.13.0> qemu.exe mikrotik.img –boot c –localtime
          B. Membuka Image pada QEMU baru:
C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0> qemu-system-i386w.exe mikrotik.img –boot c –localtime
-    Setelah prosess instalasi selesai langsung tutup jendela qemu kemudian buka GNS3.

2.       Pada aplikasi GNS3 kita akan memasukkan file mikrotik.img yang kita buat tadi ke dalam device qemu agar bisa di gunakan di GNS3.
-    Di GNS3 buka menu Edit> Prefences (ctrl+shift+p)> Qemu VMS> Klik "New"


-    Selesai !! Kemudian akan muncul di di barisan interface virtual pada GNS3



Mikrotik router OS sekarang sudah bisa di gunakan layaknya perangkat sungguhan. Untuk saat ini mengkoneksikan winbox dengan mikrotik virtual di butuhkan loopback adapter, yuk mari kita buat.

3.  Mengkoneksikan Winbox – mikrotik pada simulator jaringan GNS3 berikut ini tahapan – tahapannya!

-    Buatlah Loopback adapter yang di gunakan untuk menghubungbungkan winbox PC dengan mikrotik yang ada di GNS3. Di start menu tulis> loopback manager




-    Kemudian Restart Loopback adapternya dengan masuk ke CMD ketikkan Script,
ketik: net stop npf
ketik: net start npf



-    Selanjutnya kita langsung membuat sebuah topologi di GNS3 yaitu mikrotik – switch – serta cloud yang digunakan untuk menghubungkan ke PC. Sambungkan semuanya dengan kabel untuk yang cloud kita harus mensetting port-nya dulu,  klik 2x pada cloud> c1> pilih adapter loopback yang kita buat tadi.


-    TOPOLOGY.


-    jalankan mikrotik virtualnya pada GNS3 !! klik tombol PLAY, kita konfigurasikan ip addressnya untuk di hubungkan ke PC lewat loopback adapter yang kita buat tadi.



4.  mengkoneksikan mikrotik dengan winbox, setting IP di loopback yang kita buat tadi dan samakan kelasnya dengan IP yang ada di mikrotik.



-    Sekarang kita tinggal buka winbox, sebelum itu ada baiknya matikan semua koneksi Physical yang ada di PC, lalu klick discovery winbox, nanti akan muncul:





Dan akhirnya berhasil juga menghubungkan Winbox pada MikroTik virtual GNS3, sekian sampai di sini dulu! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!! Terimakasih!!

Wassalamu'alaikum WR. WB.
Previous
Next Post »