qur'an


Selamat Membaca Semoga Bermanfaat

Konfigurasi Koneksi WDS Mikrotik

Assalamu’alaikum WR. WB.

Berikut ini yang kita bahasKonfigurasi Koneksi WDS Mikrotik dan berikut kepankangan WDS (wireless distribution system) adalah sebuah system yang memungkinkan interkoneksi antar AP (acces point) system ini biasa di gunakan untuk memperluas jangkauan area wireless, dengan menggunakan beberapa AP (acces point) yang menjadi satu kesatuan tanpa adanya sebuah backbone dan syarat untuk membuat WDS ini kita harus menyamakan semua Band, frequency dan juga SSID yang sama Sob.
  • Berikut ini adalah perbedaan wireless dengan WDS dan tanpa WDS.
-          Untuk wireless non WDS untuk client dari AP 1 ingin terhubung ke AP yang lainnya maka client akan mengalami koneksi terputus.. seperti gambar berikut ini!


-          Untuk wireless yang sudah di daftarkan WDS maka client ingin berpindah dari AP 1 ke AP yang lainnya maka client tanpa mengalami putus koneksi alias langsung terhubung ke AP yang lainnya Sob. Karena WDS sendiri seolah – lah sudah menjadi satu network.


Itu adalah teori singkat nan sederhana dari WDS berikut ini kita akan langsung beranjak ke konfigurasi WDS Dynamic menggunakan mikrotik.


-          Pertama kita akan menyamakan SSID, BAND, dan frekuensi di menu wireless pada tutorial sebelumnya...


-          Kita sekarang membuat bridge dulu di menu> bridge >”+”


-          Kemudian bridge pada wlan 1 melalui Tab ports..



-          Kemudian kita masuk ke Tab WDS pada menu wireless> Wlan1 klik 2x> Tab WDS tapi settingan ini untuk wireless mode AP bridge.. seperti pada gambar ini..



-          Kemudian untuk yang station pada wireless menggunakan mode: Station WDS seperti gambar berikut ini:



-          Apabila WDS berhasil terkoneksi akan terbentuk interface WDS 1 pada sisi acces poin, dan juga secara otomatis akan di tambahkan ke port bridge.. lihat gambar berikut ini:



Selesai sob mudah – mudahan punya sobat juga berhasil dan paham dengan tutorial ini,, oke sekian dulu dari saya terima kasih...

Wassalamu’alaikum WR. WB.
Previous
Next Post »