qur'an


Selamat Membaca Semoga Bermanfaat

Routing Static MikroTik

Assalamu’alaikum WR. WB.

Gimana kabarnya SOB, dalam tutorial kali ini kita akan membahas sebuah Konfigurasi Routing static MikroTik tetapi kita harus tau terlebih dahulu bahwa Routing memiliki 2 type yaitu 1. static routing dan 2. dynamic routing, dan apa itu routing, routing merupakan proses pemilihan jalur untuk menyalurkan paket – paket dari subnet jaringan 1 ke subnet jaringan lainnya, dan juga bisa di artikan penggabungan jaringan yang berbeda subnet-nya sehingga bisa mengirimkan paket dari jaringan subnet 1 ke jaringan subnet lainnya Sob. Sebagai gambar berikut ini:



-          Routing mikrotik router OS terbagi menjadi 2 type, yaitu:
  1. Dynamic routing: informasi yang di dapat dari routing secara otomatis yang di dapat dari  dynamic routing protocol seperti RIP, OSPF, BGP.dll.
  2. Static routing: informasi yang di buat secara manual oleh administrator untuk mengatur trafik yang akan di salurkan pada jalur yang di kehendaki, default routes merupakan contoh dari static route sob...
Ini contoh konsep dari sebuah gambar static route yang akan di coba...



  • Berikut ini Sob cara konfigurasi static routenya:
-          Pertama kita setting di router 1, masuk ke menu IP> routes> “+”>


       
-      Masukan Dstaddress: IP dari router 2 yang menuju ke client (PC) kemudian Gateway: IP router 1 yang terhubung dengan router 2.



-          Apabila sudah mengenali status routes adalah AS.



-          Untuk router 2 kita setting dengan mengenalkan router 1, kita ssettingan sama seperti yang di atas Cuma Dstaddress dan gatewaynya di isi IP dari router 1..




-          Statusnya AS (active static) menandakan sudah berhasil sob. Sekarang coba kita PING... berhasil juga kan..



mungkin cuman itu saja semoga membawa manfaat terima kasih...

Wassalamu’alaikum WR. WB.
Previous
Next Post »