qur'an


Selamat Membaca Semoga Bermanfaat

Kofigurasi EOIP Tunnel Mikrotik

Assalamu’alaikum WR. WB.

Berikut ini bagaimana cara Kofigurasi EOIP Tunnel Mikrotik, EOIP Tunnel yaitu merupakan sebuah protocol pada router mikrotik yang di gunakan untuk menghubungkan dua router tetapi dengan jalur IP public. Berikut ini gambar contoh dari Eoip..





Kita mengetahui di dalam wireless station tidak bisa di bridge sehingga kita menggunakan interface virtual EOIP tunnel dan juga client yang tehubung ke Router MikroTik, berikut ini langsung saja kita mulai untuk Konfigurasi EOIP Sob :

-          Pertama kita masuk ke menu Interface> “+”> cari Eoip tunnel> di situ untuk Dst addres: IP yang di dapa dari IP public yang punya teman kita. Local Address: kita kasih IP router yang terhubung dengan client. Tunnel ID: harus di samakan nilainya misal 22. Gambar seperti berikut ini;



-          Sekarang kita beranjak ke menu bridge> “+”> klik apply dan ok



-          Sekarang kita masuk ke Tab port dalam Bridge, bridge EOIP yang kita buat tadi dan juga pada interface yang terhubung dengan client kita..



-          Setelah itu kita masuk ke IP address dan ke dua router harus berada pada IP dengan segmen
yang sama agar bisa terhubung.. seperti berikut ini..



-          Apabila sudah semua sekarang tahap akhir yaitu kita melakukan pengetesan dengan melakukan ping ke IP router tujuan dari EOIP tunnel ini.



Sudah selesai itu cara konfigurasi dari EOIP tunnel semoga sobat paham dan berhasil juga .. semoga bermanfaat terimakasih...

Wassalamu’alaikum WR. WB.
Previous
Next Post »