qur'an


Selamat Membaca Semoga Bermanfaat

Hotspot MikroTIk Otomatis Log Out Apabila Koneksia Internet down

Assalamu’alaikum WR. WB.

oke sob jumpa lagi dengan saya yang tidak ada bosannya untuk menulis berikut yang kia bahas Hotspot MikroTIk Otomatis Log Out Apabila Koneksia Internet down. sebagai analogi Apabila kita membeli paket pada sebuah penyedia layanan hotspot dan penyedia layanan hotspot tersebut internetnya lagi trouble, kita tidak bisa memakai internet dari hotspot tersebut kita merasa di rugikan maka dari itu di sini kita akan mencoba untuk konfigurasi logout otomatis apabila koneksi internet terjadi trouble atau masalah, sehingga tidak ada yang di rugikan dari pihak client. 
Di sini kita akan memanfaatin fitur netwatch dalam mikrotik yaitu cek salah satu host dari internet via netwatch kemudian script logout juga akan berjalan apabila tidak ada internet dan user yang aktif juga langsung di tendang logout... hehehe, langsung aja berikut ini konfigurasinya ya:

-          Pertama sobat masuk ke winbox pada menu tools> netwatch> “+”>


-          Pada Tab Host (isi dengan IP address yang bisa terhubung ke internet atau Dns juga bisa”8.8.8.8”>


-          Selanjutnya Pada Tab Down> isi dengan sebuah script berikut ini untuk logout user.

:local dumplist [/iphotspotactive find]:foreach i in=$dumplist do={
/iphotspotactiveremove $i
}
:local dumplist [/iphotspotcookie find]
:foreach i in=$dumplist do={
/iphotspotcookieremove $i
}


Indikator dari konfigurasi di atas adalah host akan ping ke dns dari google 8.8.8.8 apabila time out maka user akan lang di log out. Cuman itu saja sob semoga berhasil sekian dan terima kasih!!

 Wassalamu’alaikum WR. WB.
Previous
Next Post »