qur'an


Selamat Membaca Semoga Bermanfaat

Pengenalan software analisa dan simulasi jaringan

Cisco Paket Tracer 5.3 adalah sebuah solusi bagi para pembelajar cisco untuk membuat konsep jaringan sementara, mungkin bisa juga di terapkan untuk implementasi sebenarnya sebelum membuat jaringan yang benar-benar nyata.
Packet tracer melengkapi kurikukum Networking Academy di cisco untuk mempermudah pengajaran, menunjukkan konsep teknis yang rumit dan merancang sistem jaringan dengan jumlah perangkat yang hampir tak terbatas, mendorong praktik, penemuan, dan pemecahan masalah. Siswa dapat membangun, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan menggunakan peralatan virtual dan koneksi disimulasikan, sendiri atau bekerja sama dengan siswa lain. Yang paling penting, Packet Tracer membantu siswa dan instruktur menciptakan dunia mereka sendiri jaringan virtual "" untuk eksplorasi, eksperimen, dan penjelasan tentang konsep dan teknologi jaringan.
Versi saat ini dari Packet Tracer mendukung sebuah array dari simulasi protokol lapisan Aplikasi , serta dasar routing dengan RIP, OSPF, dan EIGRP, sejauh yang diperlukan oleh kurikulum CCNA saat ini. Sementara Packet Tracer bertujuan untuk memberikan simulasi realistis dari jaringan fungsional, aplikasi ini hanya menggunakan sejumlah kecil dari fitur yang ditemukan dalam perangkat keras yang sebenarnya menjalankan Cisco IOS saat ini. Dengan demikian, Pengusut Paket yang cocok untuk jaringan produksi model. Dengan diperkenalkannya versi 5.3, beberapa fitur baru yang ditambahkan, termasuk BGP. BGP bukan bagian dari kurikulum CCNA. Ini adalah bagian dari kurikulum CCNP.


Gambar : Tampilan Packet Tracer

a.    Membuat jaringan peer-to-peer menggunakan packet tracer :
1.       Ambil 2 buah PC dari select device box pada bagian end devices ke logical workspace  seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Gambar : langkah pertama peer-to-peer packet tracer

2.       Hubungkan 2 PC tadi dengan kabel yang sesuai (kabel cross) pada masing-masing port Ethernet

Gambar : menghubungkan 2 kabel

Jaringan  peer  to  peer  selesai  dibuat,  untuk melihat  mengecek  apakah  kedua  PC  sudah benar-benar tersambung, kita dapat melakukan perintah ping atau memberikan paket ICMP dari  PC0 ke PC1 atau sebaliknya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini  :
a.    Set alamat IP tiap-tiap PC yang berada dalam 1 network (dalam hal ini PC0 192.168.1.1; PC1 192.168.1.2

Gambar : set alamat IP tiap-tiap PC

b.    Ping dapat dilakukan melalui virtual command  line  tiap PC atau mengirimkan paket ICMP yang dapat kita klik langsung dari objek PC0 ke PC1.

Gambar : ping melalui virtual command line

c.    Selain mode  realtime kita  juga dapat memilih mode simulation, dimana pada saat kita melakukan  perintah,  kita  dapat mengetahui  prorokol  yang  digunakan  dan  apa yang sebenarnya terjadi pada setiap layer. Contohnya pada saat perintah ping pada gambar dibawah ini.

Gambar : mode simulation

b.    Membuat jaringan sederhana dengan menggunakan fitur multi user pada packet tracer :
Pada  aplikasi  packet  tracer  kita  dimungkinkan  untuk  membuat  simulasi  jaringan gabungan antara  simulasi  jaringan menggunakan packet  tracer di 2 atau  lebih PC yang saling terhubung dalam satu network. Contoh penggunaan :  
1.    Buat jaringan sederhana lalu masukkan awan multiuser :


Gambar : memasukkan awan multiuser

2.    Klik pada awan multi user peer0, lalu set mode ke outgoing, dan ip address PC lain dimana  terdapat simulasi  jaringan yang akan dikoneksikan, set peer network name dan password
3.    Tekan  tombol connect dan  tunggu konfirmasi koneksi  (mode  incoming)   di PC yang dituju muncul. Setelah  terkoneksi, kita  langsung dapat menjalankan 2 simulasi di PC yang berbeda.

Gambar : multiuser connection

Previous
Next Post »